Skip to content
Home » Besaran Gaji Kepala Desa Terbaru

Besaran Gaji Kepala Desa Terbaru

Menjadi kepala desa (kades) adalah sebuah amanah yang mulia, sekaligus tanggung jawab yang besar. Kades mengemban tugas untuk memimpin dan mengelola pemerintahan desa, serta memastikan kesejahteraan warganya.

Di balik peran penting tersebut, muncul pertanyaan mengenai gaji kades, Apakah gaji kades sepadan dengan tanggung jawabnya? Maka dari itu untuk lebih jelasnya terkait gaji kepada desa, silahkan perhatikan ulasan dibawah ini.

 

Besaran Gaji Kades

Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2019 tentang Desa mengatur besaran gaji kades.

Gaji kades paling sedikit setara dengan 120% dari gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan II/a, yaitu sekitar Rp 2.426.640,00.

Namun, besaran gaji kades di tiap daerah bisa berbeda-beda, tergantung pada kemampuan keuangan desa.

Desa-desa dengan pendapatan asli desa (PAD) yang tinggi, umumnya mampu memberikan gaji kades yang lebih tinggi dari standar minimum.

Sumber Pendanaan Gaji Kades

Gaji kades bersumber dari Dana Desa (DD) yang dialokasikan dari APBN kepada desa untuk membiayai pembangunan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Penggunaan DD diatur dalam peraturan desa dan diawasi oleh berbagai pihak, termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan masyarakat desa.

Tunjangan dan Fasilitas Kades

Selain gaji, kades juga berhak atas tunjangan dan fasilitas. Tunjangan yang diberikan bisa berbeda-beda di tiap daerah, namun umumnya meliputi tunjangan operasional, tunjangan kinerja, dan tunjangan lainnya.

Fasilitas yang diberikan kepada kades biasanya berupa rumah dinas, kendaraan dinas, dan alat tulis kantor.

Polemik Gaji Kades

Besaran gaji kades sering menjadi polemik. Di satu sisi, ada yang menilai bahwa gaji kades masih tergolong rendah dibandingkan dengan tanggung jawabnya yang besar.

Di sisi lain, ada yang beranggapan bahwa gaji kades sudah cukup memadai, terutama di desa-desa dengan PAD yang kecil.

Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Kades

Beberapa upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan kades, antara lain:

  • Meningkatkan alokasi DD untuk gaji kades
  • Memberikan penghargaan kepada kades yang berprestasi
  • Memberikan pelatihan dan pengembangan kapasitas kepada kades.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan terkait gaji kepala desa, jika kurang detail silahkan bisa cek di Disnakerja.id, Semua informasi terkait gaji dan lowongan kerja sudah disediakan.