Skip to content
Home » 10 Sajian Tradisional Indonesia Ini Mendunia, Nomor 5 Pasti Kamu Tidak Menyangka

10 Sajian Tradisional Indonesia Ini Mendunia, Nomor 5 Pasti Kamu Tidak Menyangka

Hai, Sobat Makanan! Siapa di antara kita yang tidak bangga dengan kekayaan kuliner Indonesia? Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia menyimpan beragam sajian tradisional yang tak hanya lezat, tapi juga berhasil mencuri perhatian dunia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 10 sajian tradisional Indonesia yang berhasil mendunia. Dan percayalah, nomor 5 pasti akan membuatmu terkejut!

1. Rendang

Kita mulai dengan sajian yang telah dinyatakan sebagai makanan terenak di dunia oleh CNN, yaitu rendang. Rendang adalah masakan daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas Indonesia seperti serai, daun jeruk, dan santan kelapa hingga meresap dan menghasilkan cita rasa yang kaya dan gurih. Tidak heran jika rendang menjadi salah satu sajian wajib dalam berbagai acara internasional.

2. Nasi Goreng

Siapa yang tidak kenal dengan nasi goreng? Makanan ini adalah salah satu sajian yang paling terkenal dari Indonesia. Nasi goreng yang lezat dan aromatik ini disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Dari Asia hingga Amerika, nasi goreng telah menjadi hidangan favorit di berbagai restoran dan warung makan.

Baca Juga : Rekomendasi Nasi Tumpeng di Bintaro

3. Sate

Sate adalah sajian yang tidak hanya populer di Indonesia, tapi juga di banyak negara lain di Asia Tenggara. Potongan daging yang disate pada tusuk bambu, kemudian dibakar dan disajikan dengan saus kacang yang kaya rasa, membuat sate menjadi camilan yang tak terlupakan.

4. Gado-gado

Gado-gado adalah salah satu sajian salad tradisional Indonesia yang terkenal. Campuran sayuran segar seperti kacang panjang, tauge, kentang, dan selada dicampur dengan tahu, tempe, dan telur, lalu disiram dengan saus kacang yang khas. Rasanya yang segar dan gurih membuat gado-gado sangat disukai oleh banyak orang, baik di dalam maupun di luar negeri.

5. Tempe

Saatnya untuk kejutan! Ya, tempe, makanan khas Indonesia yang terbuat dari kedelai yang difermentasi, telah mendunia. Tempe menjadi pilihan makanan sehat yang populer di kalangan vegetarian dan vegan di berbagai belahan dunia. Kandungan protein tinggi dan tekstur yang unik membuat tempe menjadi alternatif yang menarik untuk diperhitungkan.

6. Soto

Soto adalah salah satu sup tradisional Indonesia yang memiliki beragam variasi di setiap daerahnya. Mulai dari soto ayam, soto daging, hingga soto betawi, sajian ini selalu berhasil menyajikan kehangatan dan kenikmatan dalam setiap sendokannya. Tidak heran jika soto berhasil menarik perhatian dunia sebagai salah satu sajian tradisional yang tak boleh dilewatkan.

7. Martabak

Martabak adalah salah satu jajanan khas Indonesia yang telah menyebar ke berbagai negara di Asia Tenggara. Martabak manis dengan isian cokelat, keju, kacang, atau meses, serta martabak telur dengan isian telur, daging cincang, dan daun bawang, telah menjadi camilan yang populer dan disukai oleh banyak orang.

8. Rujak

Rujak adalah sajian buah-buahan segar yang disajikan dengan saus pedas manis yang khas. Rasanya yang segar dan menggigit membuat rujak menjadi camilan yang populer di Indonesia dan banyak negara lain di Asia Tenggara.

9. Bakso

Bakso adalah bola daging yang terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, yang kemudian direbus dan disajikan dalam kuah kaldu yang gurih. Bakso telah menyebar ke berbagai negara di luar Indonesia dan menjadi salah satu makanan favorit di kalangan pecinta masakan Asia.

10. Nasi Padang

Terakhir, tapi tidak kalah pentingnya adalah nasi Padang. Nasi Padang adalah sajian nasi yang disajikan dengan berbagai lauk-pauk khas Padang seperti rendang, ayam goreng, gulai, dan sambal lado mudo. Kelezatan dan keberagaman hidangan Padang telah berhasil menarik perhatian dunia sebagai salah satu warisan kuliner Indonesia yang patut diapresiasi.

Baca Juga : Tempat Pesan Nasi Tumpeng Ulang Tahun di Jakarta

Itulah dia, 10 sajian tradisional Indonesia yang telah mendunia. Dari rendang hingga nasi Padang, kekayaan kuliner Indonesia memang tidak ada duanya. Jadi, sudahkah kamu mencicipi semua sajian tersebut? Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan sajian tradisional Indonesia di berbagai kesempatan. Selamat menikmati!