Skip to content
Home » Cara Submit Artikel Ke Jurnal Sinta

Cara Submit Artikel Ke Jurnal Sinta

Sinta, singkatan dari "Science and Technology Index," adalah sebuah platform yang dikembangkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Tujuan utama dari Sinta adalah untuk memfasilitasi peneliti dan akademisi dalam mengevaluasi kualitas riset dan publikasi ilmiah di Indonesia.

Melalui Sinta, peneliti dapat mengukur dampak dari karya ilmiah mereka, serta memperoleh penilaian yang akurat tentang kontribusi mereka terhadap dunia penelitian.

Bagi kamu yang ingin mengetahui biaya publikasi jurnal SINTA, kamu bisa klik link biru ya!

 

Langkah-Langkah Pengajuan Artikel ke Jurnal Sinta

  • Buat Akun: Langkah pertama adalah membuat akun di platform Sinta. Anda dapat mengunjungi situs web resmi Sinta dan mendaftar dengan mengisi informasi yang diperlukan.
  • Persiapkan Artikel: Pastikan artikel Anda sudah siap untuk diajukan. Ini mencakup mengoreksi naskah, memeriksa format yang sesuai dengan pedoman jurnal yang dituju, serta memastikan semua data dan referensi sudah tepat.
  • Pilih Jurnal: Temukan jurnal yang relevan dengan topik penelitian Anda di Sinta. Jurnal-jurnal ini memiliki berbagai disiplin ilmu yang tercakup.
  • Kirim Artikel: Setelah menemukan jurnal yang sesuai, ikuti prosedur pengiriman artikel yang ada di jurnal tersebut. Biasanya, Anda akan diminta untuk mengunggah naskah dan melengkapi informasi yang diperlukan.
  • Tunggu Peer Review: Artikel Anda akan melewati proses peer review, di mana para ahli sejawat akan mengevaluasi kualitas dan relevansi artikel. Proses ini memakan waktu, jadi bersabarlah.
  • Tindak Lanjut Rekomendasi: Jika artikel Anda diterima dengan revisi, segera lakukan perubahan yang diminta oleh reviewer, kemudian kirimkan ulang artikel.
  • Tunggu Publikasi: Setelah artikel Anda diterima dan disetujui, jurnal akan mengatur jadwal publikasi. Artikel Anda akan tersedia untuk dibaca dan dikutip oleh komunitas ilmiah.

Ingatlah bahwa proses pengiriman dan publikasi di jurnal Sinta mungkin berbeda-beda tergantung pada jurnal yang Anda pilih. Pastikan untuk selalu mengikuti panduan dan prosedur yang diberikan oleh jurnal tersebut.

Keuntungan Publikasi di Jurnal Sinta

Publikasi artikel di jurnal yang terindeks dalam Sinta memiliki beberapa keuntungan yang signifikan:

  • Reputasi dan Pengakuan: Jurnal yang terdaftar di Sinta dianggap sebagai jurnal yang memiliki kualitas tinggi dan ketat dalam proses peer review. Publikasi di jurnal tersebut dapat meningkatkan reputasi penulis dalam komunitas akademik.
  • Pemantauan Kinerja: Dengan Sinta, peneliti dapat memantau kinerja mereka secara objektif. Mereka dapat melihat bagaimana artikel mereka dinilai oleh rekan sejawat dan sejauh mana karya mereka berdampak pada bidang penelitian mereka.
  • Akses Lebih Luas: Artikel yang diterbitkan di jurnal Sinta lebih mudah diakses oleh rekan peneliti, mahasiswa, dan masyarakat umum. Hal ini memungkinkan penelitian Anda memberikan dampak yang lebih besar pada masyarakat.

 

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai cara submit artikel di sinta, semoga bermanfaat!